Sentuh Level Tertinggi Sejak Februari 2022, EURUSD Manfaatkan Pelemahan Dolar AS

Sentuh Level Tertinggi Sejak Februari 2022, EURUSD Manfaatkan Pelemahan Dolar AS

Diperbarui • 2023-07-18

Dolar AS mengalami tekanan jual pada perdagangan Selasa (18/07/2023) dan kembali mendekati level terendahnya dalam 15 bulan terakhir yang dicapai pada Jumat lalu. Pasar meligat bahwa kemungkinan Federal Reserve (Fed) semakin mendekati akhir dari kampanye kebijakan pengetatannya.

Keyakinan ini diperkuat oleh penurunan lebih lanjut inflasi harga konsumen AS dan penyesuaian penurunan baru-baru ini pada yield obligasi Treasury AS. Kondisi ini semakin ditegaskan dengan sentimen risiko yang positif, sehingga memberikan tekanan pada Dolar yang dianggap sebagai faktor penting yang mendukung pasangan EURUSD.

Mata uang bersama itu terus didukung oleh ekspektasi peningkatan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa (ECB) setelah bulan Juli. Risalah pertemuan ECB bulan Juni yang dirilis pada Kamis lalu menunjukkan bahwa Dewan Pimpinan ECB bertekad untuk melanjutkan siklus kenaikan suku bunga untuk menahan inflasi yang masih tinggi.

Para pelaku pasar saat ini tengah menantikan perkiraan ekonomi terbaru dari Komisi Eropa sebagai petunjuk arah pasar baru. Selanjutnya, pasar juga akan fokus pada data Penjualan Ritel dan Produksi Industri AS, bersama dengan yield obligasi AS dan sentimen risiko yang lebih luas yang dapat mempengaruhi Dolar AS dan memberikan dorongan untuk EURUSD.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSD 18072023.jpg

EURUSD mendapatkan momentum positif setelah konsolidasi dalam dua hari terakhir dan naik melewati level tertinggi sejak Februari 2022 di sekitar kisaran 1,1255 meski saat ini pasangan ini diperdagangkan di sekitar level 1,1240/30 . Tren Bullish ini sudah terbentuk selama 9 hari berturut-turut, dikonfirmasi dengan indikator Relative Strenght Index yang terus bergerak mendekati level 80. EURUSD juga terus bergerak menjauh dari indikator Simple Moving Average 50, 100, 200.

Berlanjutnya kenaikan pasangan ini kembali menembus ke atas level 1,1250 membuka peluang BUY pada level 1,1260 dengan target profit pada level 1,1285 hingga ke level 1,1295. Sementara pembalikan harga yang kemungkinan terjadi karena koreksi  membuka peluang SELL EURUSD pada level 1,1225 dengan target profit pada level 1,1215 hingga level 1,1205.

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera