Barat Dibayangi Resesi, Yen Kembali Bullish dan Berpotensi Melanjutkan Penguatan Tipis Awal Minggu

Barat Dibayangi Resesi, Yen Kembali Bullish dan Berpotensi Melanjutkan Penguatan Tipis Awal Minggu

Diperbarui • 2023-07-19

Indeks Mata Uang Yen Jepang (JXY) ditutup naik tipis +0,05% setelah sempat turun -0,29% dalam rentang waktu lima jam menjelang penutupan pasar. Penguatan ini menjadi sinyal berlanjutnya kenaikan setelah yen Jepang (JPY) menguat secara konsisten dan berturut-turut sejak tanggal 4 hingga 12 Juli 2023 dan terkoreksi dua hari setelahnya.

Hal tersebut diakibatkan oleh inflasi tingkat konsumen (CPI) Jepang bulan Juni 2023, yang akan dirilis pada Kamis mendatang (20/7/2023), diproyeksikan masih cukup tinggi, yakni 3,5% oleh Consensus Economics, akan mendesak Bank of Japan sebagai bank sentral untuk menyinggung kebijakan kontrol kurva imbal hasil (YCC) atau kebijakan suku bunga jangka pendek yang ditetapkan tetap sebesar -0.1%. Dengan disebutnya efektivitas kebijakan ini, tentu prospek yen dan suku bunga yang mempengaruhinya diharapkan memiliki masa depan yang lebih menjanjikan.

Selain itu mata uang yen, sebagai mata uang ketiga yang paling banyak ditransaksikan di dunia, dianggap mampu menjadi aset pengganti  dolar AS dan euro yang terancam oleh resesi sehingga timbul dorongan beli di tengah pelemahan jangka panjangnya. Ketakutan resesi itu muncul akibat munculnya kurva imbal hasil terbalik (inverted yield curve), yakni imbal hasil obligasi jangka panjang yang lebih kecil dibanding dengan imbal hasil Obligasi AS bertenor 2 tahun. Secara teknis, yen yang bergerak dalam tren bearish jangka panjang telah menyentuh harga support pada tahun lalu dan sangat wajar apabila terjadi pantulan harga jangka pendek hingga menengah. 

Indeks JPY.jpg

Indeks Yen Jepang berpotensi melanjutkan penguatan ke level high sebelumnya di level 796.1 sebagai lanjutan tren naik jangka pendek  jika berhasil breakout resistance 793.0. Oleh karena itu, mata uang yang berlawanan dengan JPY akan terkoreksi jangka pendek.

Sebagai mata uang berlawanan, NZDJPY, USDJPY, dan AUDJPY mengalami koreksi akibat bullish-nya Yen. Pada NZDJPY, terdapat peluang short dengan target penurunan 87.850 dengan pembatasan risiko di harga 87.990 apabila harga tidak bergerak sesuai skenario. Hal tersebut dikarenakan telah terbentuknya Lower-Low sehingga tren naik telah patah diperkuat oleh MA 50 yang telah death cross dengan MA 100.

NZDJPY 19072023.jpg

Menyerupai

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang
Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang

Pasar saham Asia bergerak datar dengan bias bearish pada perdagangan Senin (25/03/2024), karena sentimen tetap tegang menjelang data ekonomi utama minggu ini, sementara risiko intervensi mata uang dari Jepang menghentikan

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera