Apakah Dolar AS Telah Memasuki Pasar Bullish Yang Baru?

Apakah Dolar AS Telah Memasuki Pasar Bullish Yang Baru?

Diperbarui • 2023-09-08

Indeks dolar masih dalam pola bullish yang kuat sejak kenaikan pada hari terakhir sesi perdagangan Agustus. Angka indeks ini berhasil menembus level kunci 105.00, yang merupakan resistance yang cukup kuat, dalam upaya menuju level resistance signifikan lainnya pada level 105,20 dan 105,35. Penguatan greenback akan sulit diatasi oleh sebagian besar mata uang utama hingga akhir tahun, mengingat risiko-risiko terhadap prospek ekonomi masing-masing negara yang cenderung mendukung kenaikan greenback.

Dolar AS menyentuh level puncak enam bulan karena kekhawatiran atas pertumbuhan Tiongkok dan pertumbuhan global yang mempengaruhi minat risiko. Serta ekspektasi terhadap bank sentral Amerika Serikat yang akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Dolar yang juga berperan sebagai aset safe-haven mengembalikan hampir semua penurunan di pertengahan tahun dan sekarang naik lebih dari 1% selama tahun ini.

Didukung oleh ekonomi yang kuat dan yield obligasi AS yang stabil di sekitar 4%, merupakan yang tertinggi di antara ekonomi maju, dolar terus mendapat dukungan dari pasar obligasi meskipun mengalami pelemahan hari ini namun tetap kokoh terhadap sebagian besar mata uang utama.

Data Non-Manufaktur AS di Agustus yang melampaui perkiraan pada Rabu memperbaiki sentimen, bersama dengan tanda-tanda penurunan inflasi, pertumbuhan ekonomi yang moderat, dan pertumbuhan tenaga kerja yang lebih lambat, menambah harapan bahwa ekonomi AS akan tetap tangguh dan menghindari skenario yang lebih buruk.

Kinerja lebih baik dari ekonomi AS dibandingkan dengan ekonomi utama lainnya juga membuat dolar lebih menarik bagi investor, bersamaan dengan sinyal bahwa Fed kemungkinan akan menjaga suku bunga tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Tren bullish yang berlangsung selama delapan minggu berturut-turut, mendekati resistensi kunci 105,20, 105,35, serta 105,50, yang jika tertembus akan memicu kenaikan yang lebih tinggi lagi dan siap menembus level 106,00 sebagai level resistance kuat lainnya. Namun, dolar diperkirakan akan melemah secara moderat terhadap sebagian besar mata uang utama dalam setahun, dengan sebagian besar penurunannya terjadi tahun depan seiring Federal Reserve yang mendekati awal dari siklus pemotongan suku bunga pertama.

Analisa EURUSD

EURUSD - 08092023.jpg

Menyusul kembali rebound indeks dolar AS, membuat EURUSD kembali berpotensi turun di bawah level 1,0700. Penembusan kembali dolar AS ke atas level 105,00 akan semakin membuka potensi EURUSD turun di bawah level support penting tersebut. Potensi penurunan ini jelas terlihat pada indikator Relative Strength Index yang kembali menjauh dari level 50 menuju area overbought atau level 20 pada grafik H4.

Penembusan level 1,0700 akan membawa EURUSD menuju level support terdekatnya di area 1,0693 yang berpotensi membawa pasangan mata uang bersama ini menuju level support selanjutnya di area 1,0667.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera